26 June 2020

3 Jenis Madu Pahit di Indonesia Yang Harus Anda Ketahui

Banyak yang bertanya kepada saya mengenai madu pahit apalagi yang berwarna hitam, saya juga heran kok madu pahit sekarang lebih populer ya? 

Dan katanya khasiatnya lebih bagus dari yang lain, jadi Saya iyakan aja dari pada berdebat yang tidak-tidak.

Tetapi pas ada yang bilang madu pahit Ready stok sepanjang tahun dan berton-ton panennya hingga dapat di jual di supermarket tanpa melalui proses formulasi dan olahan, kepala saya jadi pusing di buatnya.

Alasan pahitnya karena dari "Nektar Bunga Mahoni".

Aneh ya?, pohon mahoni itu tergolong tanaman keras dan tanaman hias, dan dia termasuk tumbuhan menyerap polusi di sekitarnya makanya tumbuhan ini ada di jalan raya di kota-kota besar.

Sesuai dengan morfologinya, bunga Mahoni termasuk bunga yang mekarnya jarang-jarang, ada pun 1 pohon kadang tumbuh bunga dan kadang tidak, dan intensitas bunganya 5% saja setiap pohonya dan memiliki masa gugur selama 7-10 hari saja.

Tapi aneh loh, Madunya bisa berlimpah, dan selalu ready stok terus?

Yah, tapi saya tidak mau menuduh yang tidak-tidak, saya hanya membuka halaman ilmiahnya saja.  

Berselang beberapa lama saya meneliti ternyata saya baru mengetahui bahwa Madu Pahit di pasaran itu ternyata ada 3 jenis loh:

  1. Madu pahit ARTIFICIAL Yaitu madu pahit terbentuk dari esent sintetis ( sirup pahit ) , biasanya madunya rasa pahitnya seperti obat dan tidak ada polenya (serbuk bunganya) dia bersih dan mengkilap biasanya di jual murah di pasar dan supermarket.
  2. Madu pahit FORMULASI Yaitu madu pahit yang di formulasikan (bahasa halusnya) atau diolah (bahasa kasarnya) dg bahan-bahan herbal dan rasanya pahit, biasanya di campur sambiloto dan brotowali yang menjadikan madu ini pahit. Namun madu ini di jual murah atau tidaknya tergantung kombinasi formulasinya jika persentase madunya lebih sedikit misalnya 30% saja madunya maka harganya bisa lebih murah.
  3. Madu Pahit ORGANIK  Yaitu madu pahit asli terbentuk dari alam namun pahitnya tidak begitu pahit dan ada rasa manisnya. Tapi warnanya bukan hitam dan tidak ada madu hutan berwarna hitam yang ada madu berwarna merah kusam karena madu itu kental maka terlihat lebih gelap dan seperti berwarna hitam. Hal itu di sebapkan karena madu hutan pahit bersifat multiflora, jadi walaupun dia dominan pahit dia tidak bisa melepas rasa manis pada madunya, dan madu ini harganya mahal di pasaran, selain untuk campuran jamu dan obat, madu ini sangat bagus untuk pernderita diabetes tipe dua. 


Nah dari sini kita berkesimpulan bahwa : 
  • Tidak ada madu hitam, yang ada warna merah gelap (dark amber), karena adanya kekentalan, madu menjadi seperti berwarna hitam.
  • Tidak ada madu hutan dari bunga Mahoni, kalaupun ada tapi bukan dengan sekala besar, apalagi mengatas namakan madu hitam pahit dari bunga Mahoni, karena alasanya sesuai dengan penjelasan di atas.
  • Madu Hutan Pahit itu lebih mahal, karena dapatnya jarang-jarang (kalo yang asli) dan tidak mungkin dapatnya sepanjang musim.


Nah selama ini madu Pahit dari bunga Mahoni itu dari kategori madu seperti apa ?

Sesuai apa yang sudah saya sampaikan di atas. Itu argumen anda sendiri, saya cukup menjelaskan ilmiahnya saja.

Semoga ini bisa merubah fikiran dan kekhawatiran anda selama ini, yang khawatir madu mahoni itu asli atau tidak.

Cukup sekian dari saya, Salam sehat selalu untuk anda.

Penulis : Sy.M.Syaifudin,SE,MM (Syaiful)
Previous Post
Next Post

0 comments: